PIN : 7c9bc7f6 , Twitter : @nonariizka , Instagram : @nonariizka 'Just Promote'

Selasa, 08 Oktober 2013

ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN DENGAN TEXTPAD

A.      PEMBAHASAN
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Kata logis disini berarti benar sesuai dengan logika manusia. Untuk menjadi sebuah algoritma, urutan langkah yang ditempuh untuk menyelesaikan masalah harus memberikan hasil yang benar.
Misalkan saja “algoritma aktifitas pagi hari sebelum berangkat kerja” yang dikerjakan oleh seorang eksekutif junior untuk turun dari tempat tidur dan bekerja : (1) Turun dari tempat tidur; (2) melepas piyama; (3) mandi; (4) berpakaian; (5) makan pagi; (6) baca koran; (7) pergi kerja. Rutin ini membuat eksekutif junior bekerja dengan persiapan yang baik untuk membuat keputusan-keputusan kritis. Andaikan langkah yang sama dilakukan dengan urutan yang sedikit berbeda, misalnya : (1) Turun dari tempat tidur; (2) melepas piyama; (3) berpakaian; (4) mandi; (5) baca koran; (6) makan pagi; (7) berangkat kerja. Didalam kasus ini eksekutif junior tersebut berangkat ke tempat kerja dalam keadaan basah kuyup.
TextPad adalah editor untuk Windows dengan pilihan menu untuk mengkompilasi dan menjalankan kode java. Dalam praktikum ini praktikan harus teliti mengetikkan setiap kata-kata yang dicontohkan pada instruktur/laboran agar tidak terjadi kesalahan, karena program TextPad ini sangat sensitif (huruf besar kecil harus dibedakan).
Cara menggunakan TextPad untuk menjalankan java:
1.         Pastikan dulu sudah terinstal TextPad pada             komputer
2.         Klik Start dan pilih icon TextPad
3.         Aplikasi TextPad siap untuk digunakan.
Pelaksanaan praktikum:
a.              Pilih Start      Program       Icon Textpad. Pada bagian Document1 ketikkan tulisan sebagai berikut :

public class Contoh1
{
public static void main(String args[])
{
// ini adalah komentar
System.out.println("Mencoba TextPad...");
System.out.println("Belajar Algoritma dan Pemrograman");
}
}

b.             Setelah selesai mengetik, program yang sudah dibuat tersebut harus disimpan sesuai dengan nama class-nya (pada contoh bernama Contoh1), sedangkan type data .java. Apabila nama file tersebut berbeda dengan nama class-nya program tersebut tidak akan sukses dijalankan.
c.              Memeriksa hasil ketikan apakah sudah benar atau belum dengan cara pilih Tools      External Data aaaaCompile Java. Apabila hasil dari compile java tersebut error, maka kemungkinan ada kesalahan dalam pengetikan.
d.             Jika sudah muncul tulisan Tool completed successfully”, maka pengetikan program tersebut tidak ada kesalahan dan langkah selanjutnya adalah menjalankan program dengan cara pilih Tools    aExternal Data aaaaRun Java Aplication.
e.              Maka akan tampil hasil output yang diinginkan sebagai berikut :
Mencoba TextPad...
Belajar Algoritma dan Pemrograman
Press any key to continue . . .
f.              Untuk menampilkan ke layar secara tekstual, java mempunyai fasilitas output, yaitu dengan perintah System.out.print( hal yang akan ditampilkan, bisa lebih dari satu), untuk menampilkan ke layar dan setelah selesai tidak berpindah baris yang sama.
Dan perintah System.out.println( hal yang akan ditampilkan, bisa lebih dari satu), untuk menampilkan ke layar dan setelah selesai berpindah baris. Akibatnya perintah keluaran setelah itu akan ditampilkan pada baris berikutnya. Contoh output sebagai berikut :
Mencoba TextPad...Belajar Algoritma dan PemrogramanPress any key to continue . . .
g.             Dengan demikian praktikan berhasil membuat dan menjalankan program java dengan menggunakan TextPad.

B.       TUGAS
1.         Membuat kelas baru dengan nama Latihan1
2.         Mengetikkan program berikut :

public class Latihan1
{
       public static void main (String srgs[])
       {
// ini adalah komentar
System.out.println("Halooo semua...");
System.out.println("Selamat belajar java");
}
}
Hasil Output:
Halooo semua…
Selamat belajar java
Press any key to continue . . .

3.         Mengubah bagian program :
System.out.println("Halooo semua...");
System.out.println("Selamat belajar  java");           
Menjadi :
System.out.print("Halooo semua...");
System.out.print("Selamat belajar  java");
4.         Kesimpulan hasil output no.03 diatas adalah :
Apabila program diketik dengan perintah System.out.print( hal yang akan ditampilkan, bisa lebih dari satu), maka tampilan di layar tidak berpindah baris yang sama. Dan apabila program diketik dengan perintah System.out.println( hal yang akan ditampilkan, bisa lebih dari satu), maka tampilan di layar akan berpindah baris. Akibatnya perintah keluaran setelah itu akan ditampilkan pada baris berikutnya.
5.         Membuat kelas baru dengan nama Latihan2

public class Latihan2
{
public static void main (String srgs[])
{
// ini adalah komentar
System.out.println("Kami sedang belajar java");
System.out.println("Jangan diganggu...!");
}
}

6.         Sehingga didapat hasil output :
Kami sedang belajar java
Jangan diganggu…!
Press any key to continue . . .
7.         Kelebihan TextPad dibandingkan editor lain adalah sebagai berikut :
a.              Mengedit file berukuran besar hingga batas 32 bit virtual memory.
b.             Multi file dapat diedit secara bersamaan dan ada spell checker dengan kosakata kamus dari 10 bahasa.
8.         Nama class harus sama dengan nama pada saat program disimpan karena ketika nama class tidak sama dengan program yang disimpan akan mengakibatkan error pada saat di “Compile Java” dan tidak bisa dijalankan  di “Run Java Aplication”.

C.      KESIMPULAN
Kesimpulan dari praktikum algoritma dan pemrograman dengan TextPad adalah sebagai berikut :
1.             TextPad merupakan salah satu editor untuk membuat program java.
2.             TextPad merupakan editor yang paling mudah digunakan untuk membuat program java dibandingkan dengan editor-editor lain misal Notepad.
3.             Dalam pengetikan program java menggunakan TextPad harus teliti.
4.             Penyimpanan nama file program java TextPad harus sama dengan nama class-nya.
5.             Apabila program diketik dengan perintah System.out.print maka tampilan di layar tidak berpindah baris yang sama.
6.             Apabila program diketik dengan perintah System.out.println maka tampilan di layar akan berpindah baris. Akibatnya perintah keluaran setelah itu akan ditampilkan pada baris berikutnya.

D.      LISTING (TERLAMPIR)

0 komentar:

Posting Komentar