PIN : 7c9bc7f6 , Twitter : @nonariizka , Instagram : @nonariizka 'Just Promote'

Selasa, 22 Oktober 2013

Istilah-istilah Bahasa Pemrograman

 Bahasa Pemrograman


1. SISTEM SOFTWARE
Sistem software adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Contoh : Microsoft Windows, Linux, Machintos, dan sebagainya.
2. MACHINE LANGUAGE
Machine language adalah representasi tertulis machine code (kode mesin), yaitu kode operasi suatu mesin tertentu. Bahasa ini bersifat khusus untuk mesin tertentu dan dimengerti langsung oleh mesin, sehingga pelaksanaan proses sangat cepat. Abstraksi bahasa ini adalah kumpulan kombinasi kode biner “0″ dan “1″ yang sangat tidak alamiah bagi kebanyakan orang, kecuali insinyur pembuat mesin komputer. Karena tidak alamiah bagi kebanyakan orang, bahasa mesin juga disebut bahasa tingkat rendah.
3. LOW LEVEL LANGUAGE
Low level language adalah bahasa pemrograman yang menyediakan sedikit atau tidak ada abstraksi dari komputer arsitektur set instruksi. The word “low” refers to the small or nonexistent amount of abstraction between the language and machine language; because of this, low-level languages are sometimes described as being “close to the hardware.” Kata rendah mengacu pada jumlah kecil atau bahkan tidak ada dari abstraksi antara bahasa mesin dan bahasa. Oleh karena itu, bahasa tingkat rendah kadang-kadang digambarkan sebagai sesuatu yang dekat dengan hardware.A low-level language does not need a compiler or interpreter to run; the processor for which the language was written is able to run the code without using either of these.Bahasa tingkat rendah tidak memerlukan kompilator atau penterjemah untuk berlari; prosesor yang ditulis bahasa mampu menjalankan kode tanpa menggunakan salah satu dari ini. Contoh : kode mesin dan bahasa assembly (assembler).
4.MIDDLE LEVEL LANGUAGE
Middle level language adalah bahasa pemrograman yang menggunakan aturan-aturan gramatikal dalam penulisan pernyataan, mudah untuk dipahami dan memiliki intruksi-intruksi tertentu yang dapat langsung diakses oleh computer. Contohnya adalah bahasa C.
5.HIGH LEVEL LANGUAGE
High level language adalah bahasa yang membuat pemrograman lebih mudah dipahami, lebih manusiawi, dan berorientasi ke bahasa manusia (bahasa Inggris). Hanya saja, program dalam bahasa tingkat tinggi tidak dapat langsung dilaksanakan oleh komputer. Ia perlu diterjemahkan terlebih dahulu oleh sebuah translator bahasa (yang disebut kompilator atau compiler) ke dalam bahasa mesin sebelum akhirnya dieksekusi oleh CPU.
Contoh : Algol, BASIC, COBOL, C, C++, FORTRAN, LISP, Pascal, PL/1, dan sebagainya.
a. ALGOL
ALGOL (kependekan dari algo rithmic L anguage) adalah sebuah keluarga dari keharusan komputer bahasa pemrograman yang awalnya dikembangkan pada pertengahan tahun 1950-an yang sangat dipengaruhi banyak bahasa lain dan menjadi cara de facto algoritma yang dijelaskan dalam buku pelajaran dan karya-karya akademik selama hampir berikutnya 30 tahun. ALGOL (algorithmic Bahasa) adalah salah satu dari beberapa tingkat tinggi bahasa pemrograman yang dirancang khusus untuk perhitungan ilmiah.
b. FORTRAN
Fortran (atau FORTRAN) adalah sebuah bahasa pemrograman. Pertama kali dikembangkan pada tahun 1950 dan digunakan dalam bidang sains selama 50 tahun kemudian. Pertama kali bernama FORTRAN yang merupakan singkatan dari Formula Translator/Translation, tetapi penggunaan huruf besar kemudian ditiadakan sejak versi Fortran 90. Pertama kali dikembangkan merupakan bahasa pemrograman prosedural, akan tetapi versi-versi terbaru dari Fortran kemudian dikembangkan dengan memasukkan kemampuan object-oriented programming.
c. COBOL
COBOL (singkatan dari Common Business Oriented Language) adalah sebuah bahasa pemrograman generasi ketiga. Sesuai dengan namanya, maka bahasa COBOL mempunyai fungsi menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan perdagangan, seperti sistem pengelolaan keuangan, laporan pengeluaran sebuah perusahaan dan lain-lain.
d. PL/1
PL / 1 adalah bahasa yang sangat kompleks, dari semua kemungkinan sudut pandangan, yaitu : LexicalLeksikal, Syntactical Sintaksis, SemanticsSemantik, PreprocessorPreprocessor.
e. RPG (REPORT PROGRAM GENERATOR)
RPG adalah bahasa pemrograman High Level yang di-disain untuk keperluan bisnis, biasanya berkolabarasi dengan COBOL, ingat COBOL juga punya aturan ketat dalam penulisan sintaknya, yang menggunakan kolom-kolom dan specification area. RPG merupakan singkatan dari Report Program Genarator, yang pada awalnya dikhususkan untuk membuat report-report (kalau sudah mendalami, akan dirasakan betapa mudahnya membuat report dengan berbagai macam format layaknya crystal report).
Pada perkembangannya RPG menjadi bahasa yang digunakan untuk pengembangan bisnis dan bukan saja report.RPG sebenarnya multi platform, standard internationalnya mengacu pada RPG III. RPG IV atau RPG/ILE merupakan non-standar RPG yang dikembangkan khusus untuk I Series.

0 komentar:

Posting Komentar