PIN : 7c9bc7f6 , Twitter : @nonariizka , Instagram : @nonariizka 'Just Promote'

Selasa, 22 Oktober 2013

Software dan Macamnya

Software
  1. Pengertian
    Software Komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.
    Teknologi yang canggih dari perangkat keras akan berfungsi bila instruksi-instruksi tertentu telah di berikan kepadanya. Intruksi-instruksi tersebut disebut dengan perangkat lunak (software). Intruksi-instruksi perangkat lunak di tulis oleh manusia untuk mengaktifkan fungsi dari perangkat keras computer.
  2. Jenis Jenis Software
    Perangkat lunak secara umum dapat dibagi menjadi 4 yaitu :
  1. Sistem Operasi (Operating System/OS)
    Sistem Operasi adalah perangkat lunak yang dihubungkan dengan pelaksana program dan koordinasi dari aktifitas system computer untuk mengontrol Input/Output device dan managemen penyimpanan. Contoh; DOS, UNIX, Windows 95, IBM OS/2, Apple’s system.
  2. Program Bantu (Utility)
    Program bantu (utility) merupakan program yang digunakan untuk mengisi kekurangan atau menampilkan kembali file suatu sistem operasi yang terhapus. Selain itu juga dapat berguna untuk pemerikasaan perangkat keras(hardware  troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi,defrag). PC Tools dan Norton Utilities merupakan contoh dari program ini.
  3. Bahasa Komputer (Computer Language)
    Computer language merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat program komputer. Disebut bahasa karena computer language memiliki kosa kata dan tata bahasa yang harus ditaati oleh pemakainya. Yang termasuk dalam jenis ini adalah :
    >Low Level Language, merupakan bahasa tingkat rendah karena sulit dipahami dan hanya dapat dimengerti oleh pembuatnya. Yang termasuk program ini adalah bahasa mesin dan assembly language.
    >High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi karena menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti. Contoh dari program ini adalah BASIC, PASCAL, FORTRAN, dan sebagainya.
  4. Program Aplikasi (Aplication Program)
    Program aplikasi merupakan perangkat lunak siap pakai yang nantinya akan digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya. Aplikasi ini disiapkan sesuai kebutuhan.  Program aplikasi dapat dibedakan lagi menjadi :
  • Word Processing
    Word processing adalah program yang dapat dipakai untuk menyunting naskah. Contoh : Microsoft Word, Lotus Ami Pro dan WordPerfect dan sebagainya.
  • Desktop publishing
    Merupakan program yang mengatur tata letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk dicetak. Contoh : Ventura Publisher, Page Maker dan sebagainya.
  • Program Spreadsheet
    Merupakan program yang digunakan untuk mengolah data secara berkolom. Contoh : Microsoft Excell, Lotus Improv dan sebagainya.
  • Database Management System
    Salah satu kegunaan komputer di dalam organisasi adalah untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Dari data ini dapat dihasilkan berbagai informasi. Untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi, diperlukan program yang disebut dengan program database management system (disingkat DBMS) dan sering disebut dengan program database saja. Contoh : Paradox, FoxPro, Microsoft Access, Approach, dan sebagainya.
  • Graphics
    Salah satu kebutuhan pengguna adalah membuat gambar. Untuk itu ia bisa menggunakan program yang khusus digunakan untuk membuat gambar atau graphics. Seseorang yang tidak pintar menggambar dengan tangan, dapat membuat gambar yang bagus di komputer, karena gambar di komputer mudah diubah dan diolah. Contoh: Corel Draw, Stanford Graphics, Visio dan sebagainya.
  • Program Akuntansi
    Aplikasi yang juga banyak dipakai dalam dunia bisnis adalah aplikasi yang berhubungan dengan keuangan dan akuntansi. Contoh: DacEasy Accounting, Pacioli 2000, PeachTree Accounting dan
  • Program Statistik
    Program statistik merupakan program yang digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistik. Contoh: SAS, SPSS, Statistica dan sebagainya.
  • Communication
    Communication merupakan program yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lain. Contoh : Carbon Copy, DataFax, ProComm Plus, CrossTalk dan sebagainya.
  • Multimedia
    Multimedia merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player, dan lain-lain. Contoh : Microsoft Video
  • Game
    Game merupakan program untuk permainan. Contoh : Flight Simulator, Baseball, Prince of Persia dan sebagainya.
Antivirus
Antivirus merupakan program yang digunakan untuk mendeteksi dan menghilangkan virus yang tertular pada komputer yang sedang dipakai. Contoh: McAfee VirusScan, Norton Antivirus, AVG dan sebagainya

0 komentar:

Posting Komentar