PIN : 7c9bc7f6 , Twitter : @nonariizka , Instagram : @nonariizka 'Just Promote'

Selasa, 08 April 2014

Tugas Sistem Operasi (Vclass)

Metode penjadwalan yang ada pada proses download suatu file yang ada pada system operasi windows itu menggunakan metodegabungan “ Multilevel feedback queue dan first come first serve” dengan menggunakan Kriteria Waiting time: minimalkan waktu tunggu proses (jumlah waktu yang dihabiskan menunggu di ready queue). Algoritma ini mengizinkan proses untuk pindah antrian. Jika suatu proses menyita CPU terlalu lama, maka proses itu akan dipindahkan ke antrian yang lebih rendah. Ini menguntungkan proses interaksi, karena proses ini hanya memakai waktu CPU yang sedikit. Demikian  pula dengan proses yang menunggu terlalu lama. Proses ini akan dinaikkan tingkatannya.

Pada sistem multiprogramming, selalu akan terjadi beberapa proses berjalan dalam suatu waktu. Sedangkan pada uniprogramming hal ini tidak akan terjadi, karena hanya ada satu proses yang berjalan pada saat tertentu. Sistem multiprogramming diperlukan untuk memaksimalkan utilitas CPU. Pada saat proses dijalankan terjadi siklus eksekusi CPU dan menunggu I/O yang disebut dengan siklus CPU-I/O burst. Eksekusi proses dimulai dengan CPU burst dan dilanjutkan dengan I/O burst, diikuti CPU burst lain, kemudian I/O burst lain dan eterusnya Biasanya prioritas tertinggi diberikan kepada proses dengan CPU burst terkecil, dengan begitu CPU akan dimanfaatkan penuh dan I/O dapat terus sibuk.  Semakin rendah tingkatannya, panjang CPU burst proses juga semakin besar.

Multilevel  first come first serve (M.FCFS)pada proses download maksudnya adalah Ketika ada 1 proses yang baru, dating dulan maka proses tersebut langsung di eksekusi. Proses 1 sedang berjalan lalu datang proses 2 maka proses yang baru datang tersebut di eksekusi juga, Akibatnya proses download nya menjadi lambat, karna mengerjakan beberapa proses. Contohnya, kita mau mendownload file lagu A dengan size 3.5 mb, pada saat proses download, running dr kecepatan downloadnya pun akan cepat, misal langsung ke 35 % nah, kemudian kita mau mendownload lagi Lagu B dengan size 4.5 mb, maka proses download lagu ke 2 tersebut akan di jalankan, hanya saja kecepatan  dari yang tadi nya 35 % maka akan melambat misalnya menjadi  22%.



2.  Mengapa sebuah sistem operasi yang baik memerlukan penjadwalan proses yang harus dilakukan oleh CPU dalam mengeksekusi program?

Karena sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting. Sistem operasi sendiri mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya. Untuk fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masukan dan keluaran dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras computer.
Sistem Operasi itu sendiri kan menjamin aplikasi lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem berkas. Nah,  apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur schedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.
Kita mengenal istilah multiprograming, yang bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan CPU dengan cara mengatur alokasi waktu yang digunakan oleh CPU, sehingga proses berjalan sepanjang waktu dan memperkecil waktu idle. Akibatnya sistem operasi dapat membuat komputer lebih produktif. Oleh karena itu perlu adanya penjadwalan proses-proses yang ada pada sistem. Penjadwalan CPU adalah suatu proses pengaturan atau penjadwalan proses-proses yang ada di dalam komputer. Dimana proses-proses tersebut berjalan dalam pola yang disebut Siklus Burst
Pada saat CPU menganggur, maka sistem operasi harus menyeleksi prosesproses yang ada di memori utama (ready queue) untuk dieksekusi dan mengalokasikan CPU untuk salah satu dari proses tersebut. Seleksi semacam ini disebut dengan shortterm scheduler (CPU scheduler).

0 komentar:

Posting Komentar